Kamis, 28 Agustus 2008

Robinho Datang,Wright Phillips Siap Hengkang


Bursa transfer musim panas semakin menghangat lima hari jelang tutup buku. Khusus di Stamford Bridge, selubung kabar soal transfer pemain pekat menyelimuti markas Chelsea tersebut. Sebelum bursa jatuh tempo, The Blues diyakini bakal menamatkan dua transaksi besar. Robinho datang, Chelsea bersiap melepas Shaun Wright-Phillips (SWP) ke Manchester City.

Semakin dekat indikasi kedatangan Robinho ke Stamford Bridge. Agennya, Wagner Ribeiro kepada The Telegraph memperkirakan Robinho akan menjadi pemain Chelsea hari ini juga atau selambat-lambatnya pada Jumat, 29 Agustus. Pernyataan Ribeiro semakin menegaskan keyakinan Chelsea untuk menyatukan Luiz Felipe Scolari dan Robinho. Jadi, menurut Ribeiro, Robinho sudah bisa memperkuat Chelsea untuk laga derby ibukota menghadapi Tottenham Hotspur, Minggu, 31 Agustus.

Kemarin pernyataan optimis datang dari Chief Executive Klub, Peter Kenyon. “Kami berkeyakinan penuh segalanya (transfer Robinho) akan beres,” kata Kenyon. Tapi, “Sekali lagi kami katakan segalanya masih belum terikat.” Robinho pekan lalu mengungkapkan dirinya ingin melabuhkan diri di Chelsea, yang kemudian membuat kubu Madrid kecewa.

Robinho terikat kontrak berjalan di Madrid sampai 2010, termasuk klausul buy-out 120 juta pound. Fee provisional atau nilai yang masih mungkin berubah dengan tambahan detail yang lain, kabarnya telah dijalin. Chelsea dan Madrid sepakat di kisaran 29 juta pound (Rp 495,9 miliar). “Ada dua pemain yang dinginkan Scolari. Satu Deco dan satunya lagi Robinho. Kita sudah saksikan dampak yang menyertai Deco,” imbuh Kenyon. “Dengan kekuatan saat ini kami mampu berkompetisi, tapi ditambah Robinho akan sangat berbeda—dalam arti positif.

Kedatangan Robinho semakin meminggirkan Shaun Wright-Phillips di Stamford Bridge. Tapi anggapan itu dibantah oleh satu dari tiga agennya, Wayne Lindsay, yang menjawab setelah muncul spekulasi kliennya akan bergabung kembali dengan Manchester City atau ke Everton.

“Dia tidak akan bergabung dengan salah satu dari dua klub tersebut. Keengganannya kembali ke City of Manchester Stadium dikarenakan semakin peliknya masalah di City—terkait kepemilikan klub oleh Thaksin Shinawatra yang diragukan keabsahannya setelah dituduh korupsi oleh Pengadilan Thailand yang membekukan asetnya,” ujar Lindsay.

Akan tetapi kemudian, sebagaimana dilansir The Guardian, muncul ke permukaan kalau Chelsea sepakat melepas SWP ke City dengan fee 8,5 juta pound (Rp 145,35 miliar). Jumlah yang hitungannya membuat Chelsea merugi karena mereka membelinya senilai 21 juta pound. Ironisnya, ia ditransfer dari City. Hari ini SWP dijadwalkan menjalani tes medis di Manchester sebelum resmi bergabung Kamis ini atau Jumat besok.

Tidak ada komentar:

My Blog Statistic